Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

MUSYAWARAH ANTAR DESA (MAD) DAN LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN TAHUN 2023 BUMDESMA DULUR RAHAYU. KECAMATAN KIARAPEDES KAB

MUSYAWARAH ANTAR DESA  (MAD)  DAN LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN TAHUN 2023 BUMDESMA DULUR RAHAYU. KECAMATAN KIARAPEDES KAB

Pemdes Ciracas,  Selasa 23 Januari 2024

Pada hari ini Selasa  Tanggal 23 Januari tahun 2024 bertempat di Aula Balai Desa Mekarjaya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta telah di adakan Musyawarah Antar Desa (MAD) dan Laporan Akhir tahun Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) DULUR RAHAYU Tahun 2023 yang di hadiri oleh Bapak Usep Sukanda selaku Kabid dari DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa),Bapak Camat kecamatan kiarapedes,Bapak Anwar Sadat (Sekjen APDESI ) Selaku Penasehat Bumdesma DULUR  RAHAYU ),Bapak Hasan Sidik Selaku Direktur  Bumdesma Dulur Rahayu,Kepala Desa Sekecamatan Kiarapedes,Bamusdes Sekecamatan Kiarapedes,Ketua Kelompok Simpan Pinjam Perempuan(SPP),Staf pengelola keuangan Bumdesma,Babinsa ,Pendamping Desa dan tamu undangan yang hadir.

Acara ini di mulai dengan pembukaan berupa pembacaan Doa kemudian di lanjutkan dengan menyanyikan  lagu Indonesia Raya oleh peserta,di lanjutkan dengan  sambutan-sambutan.

1.Bapak Hasan Sidik  (Direktur Bumdesmna Dulur Rahayu)

                Bumdesma Dulur Rahayu berdiri pada tanggal 16 Januari 2020 yang sebelumnya adalah UPK PNPM.Modal di dapatkan dari tiap desa sekecamatan kiarapedes yang berasal dari Dana Desa Anggaran APBN.

2.Bapak A Asep anwar Sadat (Penasehat BUMDESMA Dulur Rahayu )

                Bumdesma Dulur Rahayu merupakan Bumdesma terbaik di Jawa Barat baik secara administrasi maupun kinerja dan pengelolaannya itu sendiri.Bumdesma harus menjadi suatu wadah untuk mengakomodir semua kebutuhan masyarakat baik dalam bentuk usaha pertanian,usaha dagang DLL.Melalui BUMDESMA akan menghasilkan provit /keuntungan yang besar bagi desa-desa yang melakukan penyertaan modal .Dan memang sudah di rasakan oleh semua desa yang tiap tahunnya menerima PADES dari BUMDESMA.

3. Bapak Camat Kecamatan Kiarapedes

                Beliau mengatakan sangat apresiasi sekali terhadap BUMDESMA Dulur Rahayu yang aktif dan berjalan dengan lancar,semoga kedepannya tetap mempertahankan kinerja dan tidak cukup dengan sampai disini,harus semakin dintingkatkan.Sinergi antara Kepala Desa dan Bumdesma tetap di jaga.

4. Bapak Usep Sukanda  ( KABID DPMD)

                Bumdesma merupakan salah satu  solusi untuk pemberdayaan masyarakat.yang di dalamnya harus ada /wajib ada jiwa wira usaha yang hebat.Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2024 adalah

1.Bansos

2.Ketahan Pangan

3.Penyertaan modal

4.Stunting

Apabila prioritas tidak di gunakan/tidak dipakai maka akan berimplikasi terhadap Dana Desa yang akan diterima tahun depan.Dalam hal penggunaannya ada 2 cara.yang ditentukan persentasenya dan ada yang tidak di tentukan persentasenya.Penyertaan modal dan stunting yang tidak di tentukan persentasenya.Bumdesma merupakan salah satu jalan juga apabila Bumdes di desanya belum epektif ,sedangkan prioritas penggunaan Dana Desa harus di laksanakan.

5.Acara Laporan Pertanggung jawaban

                Keuntungan/laba  pada tahun 2023 mencapai sekitar ± Rp.166.615.247 ( Seratus Enam Puluh Enam Juta Enam Ratus[u1]  Lima Belas Ribu dua ratus empat Puluh Tujuh Rupiah) yang akan di bagi-bagikan sesuai hasil mjusyawarah bersama.

Dengan adanya Bumdesma Dulur Rahayu mudah-mudahan semua kebutuhan masyarakat sekecamatan Kiarapedes bisa dipenuhi .Dari kita,Oleh Kita,dan untuk kita.PADES semakin meningkat ,masyarakat makmur.

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *